Cover Ragnarok Online OST Prontera [Akustik Beatbox]

Rabu, 08 Juni 2016

[GAMING] ALL ABOUT CLOSERS ONLINE #3

Halo, kali ini ane akan  membagikan tips lanjutan dari postingan ane sebelumnya. Jujur info tips ini bukan pure dari ane, tapi hasil dari ane seluncur di forum Closers indonesia dan menemukan guide yang sangat berguna untuk kalian para pemain Closers. Thanks to Claryssa dari V.E.S.T Dojo yang telah memberikan Tips berguna ini di forum Closers Online. Langsung saja ane mulai.

HOW TO FIGHT EFFICIENTLY
(BAGAIMANA BERTARUNG SECARA EFISIEN)

1. TRAINING CAMP
Sebelum masuk ke medan perang, ada baiknya mengetahui dasar-dasar pertempuran pada game Closers Online Indonesia ini. Pada dasarnya mudah, untuk 80% permainan tidak perlu strategi khusus, namun alangkah baiknya jika dikombinasikan dengan taktik dan strategi.

Macam-macam Serangan
Ada setidaknya 7 macam serangan di dunia Closers ini, yaitu:
  • Normal attack
  • Physical Skill attack
  • Magical Skill attack
  • Back attack
  • Chase attack
  • Down attack
  • Armor Break
Jenis Serangan
Contoh Physical & Magical attack
Berikut ini adalah penjelasan damage yang diberikan pada setiap serangan.
Jenis serangan = Sumber damage - Sumber defense

Macam-macam Skill
Setiap chara memiliki skill individual yang berbeda. Setiap chara juga memiliki physical dan magical damage masing-masing. Satu hal yang pasti dalam Closers online, tidak perlu diperhatikan terlalu medetil physical damage ataupun magical damage. Karena keduanya tidak terlalu imba (imbalance). Keduanya sama. Sehingga dalam Closers online, penggunaan skill lebih didasari pada kesenangan (enjoyable) setiap individu player.
Setiap skill memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pelajari setiap skill yang ada. Secara garis besar, skill yang ada dibagi menjadi 5, yaitu:
Macam-macam Skill
Beberapa tips dan trick untuk pemilihan dan penggunaan skill chara adalah :
  1. Pelajari skill dengan baik, baca baik-baik keterangan skill yang akan digunakan, untuk mempermudah di Closers online terdapat preview singkat pada skill yang akan dipakai.
  2. Pastikan memiliki 1 skill untuk ESCAPE MECHANISM SKILL sebagai persiapan jika kita terdesak, dan pastikan untuk aktif (tidak dalam keadaan cooldown) ketika dalam pertempuran.
  3. Setiap skill meiliki cooldown yang berbeda-beda, pelajari cooldown-nya agar bisa menggunakan skill menjadi suatu rangkaian combo yang mematikan.
  4. Berhati-hati dengan spamming skill (penggunaan skill yang terus-menerus), karena akan menghabiskan MP dengan sangat cepat, tutupi spamming skill dengan potion MP.
Equipment
Untuk equipment sebelumnya sudah dijelaskan di EQUIPMENT:BAGAIMANA BACA DAN MEMILIH. Intinya gunakanlah equipment yang bisa menunjang kenyamanan penggunaan skill. Seperti adanya bonus buff, bonus pengurangan konsumsi MP, atau pengurangan cooldown.

2. WAR ZONE
Dalam pertempuran, terdapat bagian-bagian tersendiri. Setiap bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Secara garis besar dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:
Bagian-bagian dalam pertempuran
Setiap chara di Closers online didesain memiliki salah satu/ atau dua dari jenis chara dalam pertempuran. Hal ini dilihat dari stat dan skill yang dimiliki oleh chara tsb. Di Closers online ini, secara garis besar bisa disimpulkan seperti ini :
  • Seha : Tanker / DD
  • Seulbi : Nuker
  • Yuri : Aggro / DD
  • J : Tanker / DD
Hanya 1 job yang tidak dimiliki oleh Closers online ini, yaitu Healer. Dimana setiap chara hanya bisa heal menggunakan potion HP.

3. INTO THE BATTLE (PvE)
Battle dalam dunia Closers dilakukan di dalam dungeon. Battle ini bisa kalian lakukan solo ataupun party dengan kawan kalian. berikut ini adalah penjelasan mengenai solo dan party (team work).

 Solo
Tidak banyak yang bisa disampaikan. Permainan solo sangat mengandalkan kemampuan individual player dalam memaksimalkan kemampuan charanya. Semua musuh dihadapi sendiri dan hanya dibantu oleh NPC.

Team workClosers memiliki 4 chara yang bisa dipilih. Dengan kemampuan dasar dan skill yang berbeda. Secara garis besar, 4 chara dalam 1 team sempurna adalah sebagai berikut :
Scheme team work
Dengan komposisi lengkap seperti ini, cukup wajar jika chara YURI berada didepan. Berlari terlebih dahulu untuk mengambil agro musuh. Sedangkan SEHA dan J berada dalam line yang sama bersiap menanti YURI yang membawa musuh. Ketika musuh datang, SEHA atau J bisa menggunakan skill nya untuk mengumpulkan musuh menjadi 1 dan memberi damage pada musuh. Sedangkan SEULBI dibelakang sudah menanti dengan serangan nuke/ulti nya untuk membereskan musuh dalam sekali serang.

Strategi ini tidak harus selalu sama, mengingat setiap chara memiliki skill yang hampir mirip dan sangat-sangat bergantung pada equip yang dimiliki. Sehingga posisi penempatan chara bisa berpindah-pindah, tergantung lawan yang dihadapi.

Enemy
Ada 3 macam musuh yang ada di Closers, yaitu :

Normal Enemy
Pada musuh normal (Normal Enemy) tidak banyak yang bisa diungkapkan. Karena HP atau armor mereka yang standar. Namun jangan salah, jumlah mereka sangat banyak. Mereka akan mengganti kualitas mereka dengan kuantitas. Sehingga tak jarang chara akan banyak kehabisan HP hanya gara-gara dikepung oleh musuh normal.

Elite Enemy
Musuh dengan armor atau HP yang tebal, biasanya berasal dari boss level easy - hard. Elite enemy ini biasanya harus dihadapi 2-3 musuh sekaligus dalam 1 area. Tidak begitu mematikan jika menghadapinya dengan tenang. Karena secara tingkat kesulitan, mereka sudah dihadapi pada tingkat kesulitan EASY - NORMAL - HARD.

Boss
Musuh dengan armor atau HP yang sangat tebal yang muncul di akhir area. HP segambreng, armor yang tebalnya amit-amit, defense yang tinggi, serta serangannya yang brutal.

Menghadapi Boss Area 
Boss HP Bar
Ada 5 hal yang harus diketahui ketika menghadapi Boss area, yaitu :
  1. Perhatikan jenis armor yang dimiliki oleh sang Boss
  2. Perhatikan jumlah armor yang tersisa. Armor biasanya tidak terlihat HP bar-nya.
  3. Perhatikan sifat-sifat khusus dari Boss. Setiap Boss memiliki criteria khusus yang jauh berbeda dengan musuh normal. Mulai dari critical reduction, physical imunity, magical imunity dan sebagainya. Hal itu perlu diperhatikan untuk mengetahui cara menghadapinya.
  4. Jumlah HP bar yang tersisa. Sampai saat ini, saya baru menemui HP bar sebanyak 45x tebalnya.
  5. Nama Boss tidak terlalu dipermasalahkan, hanya sebagai pelengkap data.

Macam-macam Armor Boss
Dalam menghadapi musuh PvE, player sangat dibantu dengan adanya hit line/prediction line dari serangan musuh. Ketika musuh menyerang, akan muncul pola berwarna merah yang merupakan hit line dari serangan musuh. Segera menjauh dari pola merah tersebut, maka aman. Apakah 100% aman? untuk serangan Boss area, ada yang tidak dapat dihindari (sejauh level saat ini), jadi persiapkan potion HP untuk menghindari kematian.

Setiap musuh, bahkan Boss area sekalipun memiliki pola serangan yang sama. Tetap tenang dan perhatikan pola-pola serangan yang dilancarkan. Maka akan mudah menghadapi mereka.

Drop List
Jangan terlalu berharap dengan drop Boss. Kesempatan drop "benda bagus" lebih banyak dalam tingkat kesulitan tinggi. Namun sekali lagi jangan berharap banyak, karena hal itu sangat amat bergantung pada hoki/luck player.

Sekian tips untuk artikel kali ini. Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak. Klik share jika menurut kalian artikel ini membantu kalian dan kawan kalian. Terima kasih. As always, stay classm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar