Cover Ragnarok Online OST Prontera [Akustik Beatbox]

Senin, 06 Juni 2016

[GAMING] ALL ABOUT CLOSERS ONLINE #1

Halo, kali ini ane akan  membagikan tips untuk kalian yang baru memulai bermain CLOSERS ONLINE. Jujur info tips ini bukan pure dari ane, tapi hasil dari ane seluncur di forum Closers indonesia dan menemukan guide yang sangat berguna untuk kalian para pemain Closers. Thanks to Claryssa dari V.E.S.T Dojo yang telah memberikan Tips berguna ini di forum Closers Online. Langsung saja ane mulai di topik pertama.

HOW TO PLAY

MASUK KE DALAM GAME
Setelah klik "PLAY" pada launcher dan melewati loading screen, player akan masuk kedalam "LOGIN SCREEN" masukan ID dan PASSWORD kalian lalu klik LOGIN.
Login Screen
Lalu kalian akan masuk ke layar penulisan nama account. Berbeda dengan game online lainnya, di closers player memiliki 2 nama. Yaitu nama account dan nama character. Nama account hanya bisa di input satu kali seumur hidup, sedangkan nama character bisa di ganti dengan item premium di shop. Kecuali untuk nama account para pemain CBT, tidak bisa membuat nama account baru. Karena akan mengikuti nama account pada saat CBT.
Layar penulisan nama account
Setelah menulis nama account, seperti kebanyakan game online lainnya kalian akan memilih server dan channel. Karena di closers baru ada 1 server (IDN Server Group) Jadi kalian tinggal memilih channel yang berdasarkan pada level character yang akan dimainkan. Seperti yang dilihat pasti akan menampilkan pilihan random channel, jika kalian ingin masuk kechannel pilihan kalian tinggal klik anak panah kecil di bawah.
Channel Screen
PEMILIHAN CHARACTER
Lalu pemilihan character ada 4 chara default untuk Closers Online Indonesia (Chara lain nya akan menyusul sesuai update server).

SEHA
Member Contract Screen (SEHA)
Secara garis besar Seha adalah chara yang cukup imbang antara physic-magic user. Ditambah dengan power yang cukup balance. Gaya permainan mengandalkan combo, namun tidak begitu sulit jika dibandingkan dengan chara yang lain.

SEULBI
Member Contract Screen (SEULBI)
Seulbi adalah chara yang sangat mengandalkan serangan berbasis Magic. Kebanyakan serangannya adalah serangan range, cocok untuk tipe player yang tidak begitu suka berhadapan langsung dengan musuh.

YURI
Member Contract Screen (YURI)
Yuri sangat seimbang antara physic dan magicnya. Kelebihannya adalah kecepatan. Dengan memanfaatkan kecepatan, Yuri memiliki gaya bermain hit and run dengan mengandalkan serangan belakang.

J
Member Contract Screen (J)
Kebalikan dengan Seulbi, chara J murni physic. Tidak punya MP bar dan serangannya bergantung pada HP. Serangannya kuat, namun bergantung sekali dengan combo skill. Secara pribadi, chara ini tidak disarankan untuk pemula.

STARTING POINT
Setelah memilih chara yang cocok dengan kalian, lalu kalian akan menuju layar pemilihan chara yang telah dibuat. Pada kotak member list menampilkan chara apa saja yang telah kalian buat. Pada kotak Teamwork Lv menampilkan banyaknya chara yang sudah memiliki buff bonus tambahan.
Member Select Screen
Buff bonus tambahan tersebut bisa dilihat ketika bermain. Semua chara memiliki buff bonus tersendiri setelah mencapai minimal Lv.20 dan meningkan setiap 10 level.
Teamwork Buff Bonus
QUEST & NPC
Sebelum bisa bermain dengan bebas setiap player pasti harus menyelesaikan tutorial quest yang telah disediakan. di tutorial quest player diarahkan untuk menggunakan skill, combo, dan cara bergerak. Setelah menyelesaikan tutorial quest barulah kalian telah memasuki dunia closers yang sebenarnya. Nikmati lingkungan 3D yang bebas untuk bergerak kemanapun.

Quest dan NPC, setiap NPC memiliki quest masing-masing yang ditandai dengan "tanda seru" (!) diatas kepala mereka.
NPC dengan Quest
Mereka akan bercita dan menjelaskan quest mereka. Setelah itu player diharuskan untuk masuk dungeon melalui NPC "OPERATIONAL CONTROL MACHINE - EDGAR Ver.IX".
Operational Control Machine - Edgar ver.IX
Masuki dungeon dengan "tanda seru" (!) di atasnya, dan selesaikan questnya. Setelah selesai carilah NPC dengan "tanda tanya" (?) diatas kepala nya untuk melaporkan hasil quest dan menerima reward.
NPC untuk melapor Quest
Secara garis besar pembagian kategori quest adalah sebagai berikut.
  • Quest Utama (Kuning) : Quest yang wajib diselesaikan setiap player yang mengikuti story line.
  • Side Quest (Hijau) : Quest yang tak wajib diselesaikan namun memiliki reward yang bagus.
  • Quest Berulang (Biru) : Quest yang dapat dilakukan berulang-ulang diNPC sampai bosan.
  • Quest Job (Ungu) : Quest yang harus dilakukan player untuk naik job.
  • Quest Union watch (Merah) : Quest harian yang memiliki reward lumayan bagus.

ITEM & INVENTORY
Item dan inventory di closers dibagi menjadi 5 macam yaitu, EQUIPMENT, USEABLE, MATERIAL, QUEST, dan COSTUME. Semua item akan masuk kedalam slotnya masing-masing sesuai defaultnya.
Inventory Tab
  • EQUIPMENT : Slot ini berisi oleh item-item equip seperti main core, shield, module, receiver.
  • USEABLE : Slot ini berisikan item-item yang habis jika dipakai, seperti potion HP/MP, dll.
  • MATERIAL : Slot ini berisikan item-item material untuk Craft atau hasil dismantle.
  • QUEST : Slot ini berisikan item-item syarat untuk quest.
  • COSTUME : Slot ini berisikan kostum yang pernah kalian dapatkan.

Slot inventory awal hanya sebanyak 21 slot. Namun bisa diperluas menggunakan gold ataupun cash. Inventory sendiri bisa disimpan di warehouse (NPC JANE).

SKILL 
Selain serangan biasa (Tombol Z) ada juga serangan skill yang berbasis Magic dengan menekan tombol A, S, D, dll. Kurang lebihnya seperti ini.
Skill Tab
Skill dapat diakses dengan menekan tombol "K". Maka akan muncul daftar skill yang dimiliki oleh player. Untuk meningkatkan level skill kalian hanya tinggal menekan tombol (+) berwarna kuning. Setelah memenuhi persyaratan level dan mencukupi jumlah SP. SP didapatkan setiap kalian naik level ataupun dari beberapa item useable. Peningkatan level skill dan pemilihan skill itu sendiri tergantung gaya bermain kalian masing-masing, kreasikanlah sesuka hati kalian.

STAMINA & EXP
Tidak seperti game lain pada umumnya yang bisa di mainkan 24Jam/Hari, di Closers player dibatasi oleh yang namanya STAMINA.
EXP Table & Stamina Table
Stamina dibagi menjadi 2 yaitu, Stamina account, dan Stamina Character. Stamina account diberikan setiap harinya sebanyak 340 Stamina. Stamina character diberikan setiap harinya sebanyak 170 Stamina. Setiap masuk Dungeon player akan dikenakan 10 Stamina character & Stamina account.

Jika berganti character, stamina character tsb akan utuh 170 Stamina, namun Stamina accountnya tetap berkurang 10 Stamina. Character tidak dapat memasuki dungeon jika Stamina character 0, tapi tetap bisa masuk ke dungeon dengan character lain asalkan Stamina accountnya masih mencukupi. Walaupun stamina character mu penuh, tetapi stamina accountmu 0 kalian tetap saja tidak bisa masuk kedalam Dungeon. Stamina pulih kembali setiap pukul 4 Pagi atau melalu potion stamina yang bisa kalian dapatkan di shop atau mungkin reward dari QUEST.

EXP bisa kalian dapatkan melalui quest, ataupun menyelesaikan dungeon. Jika EXP Table penuh, otomatis level kalian akan naik. Kecuali kalian telah mencapai Cap max level sementara. 

Sekian Tips dari ane, Tips lainnya akan ane berikan di postingan ane selanjutnya. Pembaca yang baik akan selalu meninggalkan jejak. Klik share jika artikel ini berguna dan membantu kalian semua. Terima kasih, and as always stay classm.

2 komentar: