Cover Ragnarok Online OST Prontera [Akustik Beatbox]

Kamis, 03 Maret 2016

[Online Gaming] HackBack itu apa sih?

Di dalam postingan ane yang sebelumnya (Tips Membeli Akun Game Online), ane ada sedikit menyinggung tentang "HackBack". Apa sih hackback itu? hackback adalah proses pengambilan alih data akun secara sengaja tanpa sepengetahuan pemilik data akun tersebut. Singkatnya hackback itu nyolong data ID ente secara sengaja.

Banyak kasus hackback yang terjadi setelah terjadinya proses jual beli data ID game online. Penyebab diantaranya adalah verifikasi ID game online dengan email. Mengapa itu bisa terjadi?. Pertama karena sang pembeli ID tidak terlalu jeli memperhatikan apakah ID tersebut sudah terverifikasi atau belum. Kedua karena sang pembeli ID tidak mengamankan dengan benar email yang terverfikasi oleh ID nya tersebut, bisa saja email nya masih nyangkut nomer telfon sang pemilik lama, atau si email masih terhubung dengan email lain.

Terlepas dari dua kemungkinan di atas. Walaupun anda sudah mengamankan email yang sudah terverifikasi dengan ID anda dengan baik, belum tentu bisa dikatakan 100% AMAN. Karena bagaimanapun email yang anda terima dari proses jual beli ID game online tersebut adalah milik orang lain sebelumnya. Tidak terlepas kemungkinan sewaktu-waktu orang lain tersebut ingin meretas email itu kembali.

Saran ane buat kalian sebelum membeli ID game online adalah, pilihlah ID game online yang belum terverifikasi oleh apapun. Alias masih POLOS. Dimana-mana yang masih polos tuh enak buat diapa-apain jonn hahaha pfft. Dan buat kalian yang udah terlanjur membeli ID game online yang sudah terverifikasi, solusinya adalah GANTI EMAIL. Setiap developer game pasti punya kebijakan buat setiap playernya untuk mengganti email yang sudah terverifikasi. Tentu dengan persyaratan tertentu, yang berbeda-beda tiap developer game.

Gimana sih cara mengganti email yang sudah terverifikasi? umumnya anda harus mengirim email permohonan untuk mengganti email terlebih dahulu kepada developer gamenya (Ex: Megaxus, Gamescool, Garena, Lyto, dll). Walaupun mengganti email memerlukan persyaratan yang berbelit-belit, tapi itu salah satu cara yang paling aman untuk ID chara anda kedepannya.
Developer Game

Saya beri contoh salah satu developer game misalnya Megaxus. Cara mengganti emailnya adalah pertama mengirim email permohonan untuk penggantian email. setelah mendapat balasan, biasanya akan diberikan persyaratan yang harus diisi untuk melakukan penggantian email. Biasanya yang dibutuhkan adalah beberapa kode voucher selama 3 bulan terakhir, urutan 3-5 nickname sebelumnya, kartu identitas, ID chara yg akan diganti emailnya, email sebelumnya, dan email yang akan diganti. Lalu anda tinggal menunggu email konfirmasi dari pihak Megaxus, biasanya membutuhkan 7-15 hari kerja, jika beruntung hanya membutuhkan 3 hari kerja saja jonn.

Berikut ini adalah list email developer game yang ane ketahui.
  • Megaxus : gamemaster@ayodance.com
  • Gamescool : gmpb@gemscool.com
  • Garena : info@garena.com atau http://www.garena.co.id/support/email/ 
Sekian info yang ane bagikan dari pengalaman pribadi ane, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Ingat.. Untuk selalu berhati-hati jika ingin bertransaksi jual beli akun game online, jangan lengah, dan harus jelih.
Jika menurut kalian ini sangat berguna dan membantu anda, anda dapat menshare artikel ini ke teman atau kerabat anda.

1 komentar: